BahanaInspirasi.com, MANADO – Massa membakar sebuah bangunan yang saat ini digunakan sebagai Kantor KPU Papua Pegunungan di Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Rabu (14/8/2024).

Massa yang melakukan pembakaran menamai diri sebagai Forum Lintas Masyarakat dan Pemuda Bersatu se-Kabupaten Tolikara.

“Pada hari Rabu, bertempat di Jalan Hom-hom Wamena telah terjadi pembakaran kantor KPU Provinsi Papua Pegunungan yang dilakukan oleh massa aksi Forum Lintas Masyarakat dan Pemuda Bersatu se-Kabupaten Tolikara,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis, Rabu.

Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo menjelaskan, tepat pada pukul 07.30 WIT, massa aksi Forum Lintas Masyarakat dan Pemuda Bersatu se-Kabupaten Tolikara tiba di Kantor KPU Papua Pegunungan.

“Massa aksi yang masuk ke dalam kantor KPU Papua Pegunungan untuk bertemu Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, tetapi tidak menemukan Komisioner KPU Provinsi Papua Pegunungan, sehingga melakukan pembakaran terhadap kantor KPU,” ucap Heri.

Heri menambahkan, pada saat itu massa aksi sempat melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan yang saat itu sedang berjaga di sekitar Kantor KPU dan memaksa masuk kantor, serta melakukan aksi pembakaran.

Personel Polres Jayawijaya dan Brimob Kompi D yang dipimpin Oleh Kabag Ops Polres Jayawijaya dan Danki Brimob mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan penambahan pengamanan di lokasi kejadian.

Selanjutnya, petugas menyita alat tajam serta menangkap 69 orang laki-laki dan 12 orang perempuan dengan menggunakan dua truk ke Mapolres Jayawijaya.

“Pembakaran Kantor KPU Papua Pegunungan diduga dilatarbelakangi oleh adanya surat KPU RI No 2806/HK.06.4-SD/04/2024 untuk memberhentikan sementara tiga komisioner KPU Kabupaten Tolikara serta teguran keras dua komisioner KPU Kabupaten Tolikara, dan saat ini kami pihak kepolisian tengah melakukan proses hukum terhadap para pelaku aksi pembakaran kantor KPU tersebut,” tegas Kapolres Jayawijaya.

(redaksi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Massa Bakar Kantor KPU Papua Pegunungan, 81 Orang Ditangkap”, https://regional.kompas.com/read/2024/08/14/161906878/massa-bakar-kantor-kpu-papua-pegunungan-81-orang-ditangkap.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer