BITUNG, BahanaInspirasi.com – Selain terlibat aktif melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2024, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kota Bitung juga melakukan hitung cepat perolahan suara.

Dari hasil hitung cepat perolehan suara Calon Legislatif di Dapil I Maesa Kota Bitung, JPPRD merilis lima nama dari berbagai partai yang paling teratas perolehan suranya, Kamis (15/2/2024).

Menurut Koordinator JPPR Kota Bitung, Arham Lakue, hampir semua data perolehan suara Pilcaleg telah mereka terima. Baik itu data perolehan suara di Dapil I Maesa, Dapil II Girian-Madidir, Dapil III Matuari Ranowulu dan Dapil IV Aertembaga, Lembeh Utara dan Selatan.

“Yang sudah rampung 90% adalah perolehan suara Dapil I Maesa, sisanya sementara pengimputan ke data base JPPR Kota Bitung,” kata Arham.

Di Dapil I Maesa kata Arham, dari 118 TPS ada lima nama Caleg yang cukup menonjol. Kelima Caleg itu, kata dia, berasal dari PDI Perjuangan, Partai Gerindar, Partai NasDem, Partai Golkar dan Partai Hanura.

Kelimanya kata Arham, perolehan suaranya sudah di atas 900an hingga 1000an. Dan data itu sesuai dengan perolehan suara di 118 TPS.

“Ini hanya data sementara dan belum bisa jadi acuan hingga KPU Kota Bitung melakukan pleno tingkat kota,” katanya.

Pun JPPR telah mengantongi data perolehan suara sementara, Arham menyatakan belum bisa mengekspose sepenuhnya hingga ada pengumuman resmi dari pihak berkopeten.

Ia juga menyatakan, tujuan JPPR melakukan hitung cepat tidak lain bagian dari pengawasan jumlah perolehan suara per TPS hingga sampai ke tahap pleno tingkat KPU.

“Masalah perolehan suara ini adalah salah satu hal riskan yang wajib diawasi bersama selain dugaan pelanggaran lainnya. Nah, sampai hari ini, selain fokus soal perolehan suara, kami juga masih menunggu laporan-laporan dugaan pelanggaran tahapan pencoblosan dari masyarakat,” katanya.

(redaksi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer