MANADO, BahanaInspiras.com – Helikopter sewaan PT Weda Bay Nickel (WBN) yang membawa tiga orang dan logistik perusahaan ditemukan jatuh di hutan Halmahera Tengah, Maluku Utara. Tiga orang yang terdiri dari pilot, co-pilot, dan satu penumpang dilaporkan tewas.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman mengatakan penumpang bernama Umar Ali. Sedangkan kapten pilot atas nama Agus Sunaryo, dan co-pilot bernama Septian.

“Nama-nama yang ada di pesawat heli yaitu captain pilot Agus Sunaryo, co-pilot Septian, dan penumpang Umar Ali. (Semua ditemukan dalam kondisi) meninggal,” kata Fathur Rahman kepada detikcom, Rabu (21/2/2024).

Fathur mengatakan, tim SAR gabungan saat ini tengah melakukan evakuasi terhadap korban. Para korban akan dibawa ke Bandara Cekel di PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

“Saat ini masih proses evakuasi dari lokasi kejadian ke bandara cekel di PT IWIP dan korban akan dibawa ke rumah sakit terdekat dengan jarak dari lokasi kejadian ke bandara IWIP kurang lebih 5 kilometer,” terang Fathur.

Fathur mengaku belum mengetahui penyebab jatuhnya helikopter yang dipergunakan untuk mengangkut logistik dan pegawai di kawasan pertambangan tersebut. Sebab saat terbang cuaca cukup mendukung.

“Dugaan sementara kita belum tahu, karena informasi awal yang kita terima itu hilang kontak. Jadi awal terbang cuaca mendukung, tapi begitu terbang tiba-tiba angin dan hujan,” ibuhnya.

Sebelumnya diberitakan, helikopter jenis Bell 429 PK-WSW itu berangkat menuju wilayah Jiguru di Kecamatan Weda Utara, Halmahera Tengah pada Selasa (20/2) pukul 12.41 WIT. Saat itu pilot melaporkan helikopter melewati ketinggian 200 feet dan memasuki areal Jiguru pada pukul 12.47 WIT.

“Pilot melapor estimasi landing di Jiguru pukul 12.47 WIT. Percakapan terakhir antara pilot dengan KRH radio pukul 12.47 WIT dengan pesan terakhir adalah call again leaving Jiguru,” terang Fathur Rahman kepada detikcom,Rabu(21/2).

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di detiksulsel, “Identitas 3 Korban Helikopter Jatuh di Hutan Halmahera Tengah” selengkapnya https://www.detik.com/sulsel/berita/d-7204291/identitas-3-korban-helikopter-jatuh-di-hutan-halmahera-tengah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer