BahanaInspirasi.com, MANADO – Pihak Istana melalui Mensesneg Pratikno mengumumkan pengunduran diri Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain Bambang, Dhony Rahajoe juga mundur sebagai wakil kepala otoritas IKN.

“Beberapa waktu lalu bapak presiden menerima pengunduran diri dari Bapak Dhony Rahajoe dan beberapa waktu berikutnya bapak Pressiden menerima pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono sebagai kepala OIKN,” kata Pratikno di istana, Senin (3/6/2024).

Pratikono mengatakan hari ini telah diterbitkan keputusan presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.

“Dengan ucapan terima kasih, atas pengabdian beliau,” katanya.

Sorotan Media Asing

Ramai-ramai media asing menyoroti mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, Senin (3/6/2024).

Media Singapura seperti Strait Times dan Channel News Asia (CNA) serta media Arab Saudi seperti Arab News menulis pemberitaan ini mengutip laman Reuters.

“Kepala dan wakil kepala badan ibu kota baru Indonesia, yang membawahi proyek senilai US$32 miliar, telah mengundurkan diri, kata menteri sekretariat negara pada 3 Juni,” tulis laman-laman itu.

“Pengunduran diri tersebut terjadi menjelang rencana perayaan Presiden Indonesia Joko Widodo di ibu kota baru, yang disebut Nusantara, pada Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus,” muatnya mereka di artikel berjudul “Head, deputy head of Indonesia’s new capital city authority resign, minister says”.

Dipaparkan pula bagaimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljonodan serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni sebagai Pj Kepala dan Wakil Kepala. Meski demikian, tidak ada alasan pengunduran diri yang diberikan.

“Pengunduran diri kedua profesional tersebut terjadi di tengah kurangnya dana swasta untuk ibu kota baru yang ambisius yang dibangun di daerah terpencil dan hutan di Kalimantan, di bagian pulau Kalimantan, Indonesia,” muat laman itu lagi.

“Pemerintah Indonesia berlomba-lomba membangun infrastruktur yang dibutuhkan untuk relokasi 12.000 PNS gelombang pertama pada September ini. Namun rencana tersebut sebelumnya telah dua kali tertunda, sehingga menimbulkan keraguan terhadap proyek khas Presiden Indonesia tersebut,” tulis media-media itu lagi.

“Nusantara dianggap sebagai warisan besar Bapak Widodo, yang akan mengundurkan diri pada bulan Oktober ini setelah menjabat maksimal dua periode jabatan,” tambahnya.

“Presiden Indonesia yang biasa disapa Pak Jokowi ini berencana mengunjungi Nusantara pada 4 Juni untuk meresmikan beberapa proyek, termasuk sekolah,” tutupnya.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://www.cnbcindonesia.com/news/20240603140920-4-543384/ramai-ramai-media-asing-sorot-kepala-ikn-wakilnya-mundur

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer