BahanaInspiras.com, MANADO – Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberi sinyal bahwa pihaknya tidak akan mengusung Anies Baswedan dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jakarta.

NasDem sudah merapat ke Koalisi Indonesia Maju untuk pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Barangkali susah beliau untuk maju dalam Pilkada Jakarta ini,” kata Surya Paloh usai mendapat tanda jasa di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Ketika ditanya apa yang menjadi rintangan untuk mengusung Anies, Surya mengatakan hanya Gubernur Jakarta 2017-2022 yang bisa menjawab.

Ia mengatakan diperlukan persyaratan untuk memenuhi ketentuan undang-undang mengusung calon gubernur dan wakil gubernur.

Surya kemudian mengatakan bahwa Nasdem positif untuk merapat ke Koalisi Indonesia Maju – kumpulan pengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Terlepas dari isu Anies, kata Surya, NasDem memposisikan diri langsung untuk berada dalam pemerintahan.

“Yang jelas Anies adalah sahabat NasDem,” kata Surya. “Di dalam pencalonan ya ini enggak hanya NasDem sendiri, supaya ini harus ada kelengkapan, jadi saling melengkapi, saling pengertian.”

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pernah mengungkapkan bahwa ada beberapa partai politik yang akan bergabung ke KIM di Pilgub Jakarta.

Ia pun menyebut peluang terbentuknya KIM Plus di Jakarta.

Munculnya KIM Plus ini dibarengi dengan isu upaya penjegalan Anies Baswedan untuk maju Pilgub Jakarta.

Mantan Gubernur Jakarta itu juga menjadi pesaing Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Anies didukung oleh Koalisi Perubahan yang meliputi Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera di pemilihan presiden.

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan bahwa komunikasi intensif terus dilakukan dengan partai di luar KIM, termasuk PKS, NasDem, dan PKB.

Namun dia belum mau membeberkan partai mana yang sudah pasti masuk.

“Komunikasi di KIM ataupun luar kim intensif, berjalan dengan baik dan produktif Insya Allah akan disampaikan pada waktunya. Ini kita sedang merayakan hari kemerdekaan ke-79,” kata Muzani di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu, 14 Agustus 2024.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://nasional.tempo.co/read/1903862/surya-paloh-sebut-sulit-bagi-anies-maju-pilgub-jakarta

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer