BahanaInspirasi.com, MANADO – Tiga partai politik yaitu Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Perindo menggelar pertemuan internal untuk membangun komunikasi politik yang mengarah ke koalisi menghadapi Pilkada 2024 di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Kami bahas itu berkaitan Pilkada Sidrap dan 23 Pilkada se-Sulsel,” ujar Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulsel Syaharuddin Alrif perihal hasil pertemuan dengan petinggi parpol tersebut di Makassar, Kamis, 2 Mei 2024.

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse, Wakil Ketua Nasdem Sulsel Ady Ansar, Ketua DPW PKS Sulsel Amri Rasyid yang didampingi Bendahara PKS Sulsel Muzayyin Arif, serta Ketua Perindo Sulsel Sanusi Ramadhan.

Syaharuddin yang digadang-gadang maju sebagai bakal calon Bupati Sidrap mengungkapkan belum ada keputusan final yang mengarah ke koalisi pada bincang-bincang politik selama beberapa jam itu. Menurutnya, pertemuan hanya sebatas silaturahmi.

Meski demikian, Wakil Ketua DPRD Sulsel ini mengatakan komunikasi politik tetap terbuka dengan partai lain guna menghadapi Pilkada 2024 serentak di 24 kabupaten/kota, termasuk pemilihan gubernur Sulsel.

“Kalau versi Nasdem 2024 itu berbeda dengan 2019. Kami membuka diri, kami berkomunikasi dengan semuanya, karena ini konsepnya bekerja bersama, menang bersama. Karena kami memiliki kursi di Sulsel, jadi bagaimanapun kami mendukung,” katanya.

Menurut dia, konsep yang baik dalam pilkada adalah bagaimana kader yang akan maju bertarung tidak menimbulkan perpecahan. Komunikasi politik dengan parpol lain juga terbuka seperti Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, dan partai lainnya untuk saling memberikan dukungan.

“Ada beberapa nama dibicarakan, tapi nanti pak RMS (Rusdi Masse Mappasessu) akan undang semua ketua partai setelah ide dan gagasan ini dibuat. Ini dilakukan supaya tadi, ada daerah saling support dan ada pula daerah lain saling berkontestasi,” ujar dia.

Gerindra dan Nasdem Buka Peluang Koalisi

Adapun Gerindra dan Nasdem berpeluang berkoalisi pada pemilihan kepala daerah atau pilkada gubernur, bupati dan wali kota di Sulsel pada 27 November 2024.

“Sebagai sahabat, saya dan Pak RMS (Rusdi Masse Mappasessu) sudah bertemu membahas pilgub (pemilihan gubernur), pilbup (pemilihan bupati) dan pilwali (pemilihan wali kota), tapi kami ngomong santai,” ujar Ketua Partai Gerindra Sulawesi Selatan Andi Iwan Darmawan Aras di Makassar, Kamis, 18 April 2024.

Pria yang akrab disebut AIA ini mengatakan pertemuan dengan Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse Mappasessu bersama salah satu figur yakni Rusdin Abdullah dikenal akrab Rudal tersebut memang membahas Pilkada 2024.

“Ya, Pak Rudal masuk juga radar kami di Pilwalkot Makassar,” kata anggota DPR RI ini mengenai siapa saja sosok yang akan diusung partainya.

Rusdin Abdullah digadang-gadang akan diusung sebagai bakal calon Wali Kota Makassar. Bahkan NasDem juga sudah melirik mantan Bendahara Partai Golkar Sulsel itu sebagai salah satu opsi yang dapat didorong untuk maju di pilkada.

Rudal pernah bekerja sama dengan RMS maupun AIA turut membantu pemenangan pasangan yang diusung Gerindra dan Nasdem yakni calon wali kota dan wakil wali kota Moh. Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi pada Pilwali Makassar 2020.

AIA tidak menampik sinyal dukungan Gerindra yang melirik Rudal untuk diusung di Pilwali Makassar. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada kader partai lainnya yang didorong untuk maju.

“Tetap kami utamakan kader sendiri. Tapi kalau kader tidak cukup kuat untuk mengangkat elektoralnya, maka kami akan usung dan cari figur eksternal,” ungkapnya menjelaskan.

Meskipun dalam pertemuan itu belum ada hasil, Andi Iwan menegaskan sejauh ini belum ada kesepakatan nama-nama calon yang diusung partai termasuk Rudal, karena pertemuan tersebut sebatas silaturahmi sekaligus penjajakan.

Wakil Ketua DPW Nasdem Sulsel Bidang Media, Mustaqim Musma, menyampaikan pertemuan tersebut memang membahas peta politik di Sulsel, khususnya di Pilwalkot Makassar. Apalagi ketiganya telah bersahabat cukup lama.

“Iya, Pak RMS dan Pak AIA bersama Pak Rudal membahas situasi politik di Sulsel, termasuk di Makassar,” ujar Taqim.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://pemilu.tempo.co/read/1863798/nasdem-pks-dan-perindo-jajaki-koalisi-pada-pilkada-2024-di-sulsel?page_num=1

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer