BahanaInspirasi.com, MANADO – Google bisa mendengarkan obrolan kita dengan cara merekam suara dan bahkan menyimpan beberapa audio saat pengguna berinteraksi dengan layanan populer Google seperti Search, Assistant dan Maps.

Perusahaan teknologi ini berterus terang tentang apa yang disimpannya dan mengatakan bahwa beberapa pengaturan harus diaktifkan sebelum rekaman dibuat.

“Saat Anda berbicara dengan layanan Google, Google menggunakan teknologi pengenalan audionya untuk memproses audio Anda dan merespons Anda,” kata Google dalam ketentuannya.

“Google menggunakan audio yang disimpan oleh pengaturan ini untuk mengembangkan dan meningkatkan teknologi pengenalan audio dan layanan Google yang menggunakannya, seperti Google Assistant,”

Google mengklaim obrolan pribadi pengguna tidak akan pernah direkam atau diintip. Mereka telah mengonfirmasi bahwa mereka memiliki tim yang didedikasikan untuk mendengarkan cuplikan audio yang disimpan, kemudian digunakan untuk meningkatkan layanan dengan pencarian suara.

“Untuk beberapa peningkatan teknologi audio, sampel audio yang disimpan saat pengaturan ini diaktifkan akan dianalisis oleh peninjau terlatih, yang mendengarkan, mentranskripsikan, dan memberi anotasi, sehingga layanan Google dapat menafsirkan audio dengan lebih baik,” kata raksasa teknologi itu.

“Kami mengambil langkah-langkah untuk melindungi privasi Anda sebagai bagian dari proses ini, misalnya, dengan memisahkan audio Anda dari akun Anda saat pengulas menganalisisnya.”

Jika Anda sebagai pengguna tidak berkenan aktivitasnya direkam oleh Google, ada cara yang sangat sederhana untuk mematikannya.

Mengutip laman Mirror, yang harus Anda lakukan adalah menuju ke aplikasi Google di HP dan ketuk ikon akun di sudut atas layar.

Dari sini, ketuk Kelola Akun Google lalu tekan Data dan Privasi. Gulir ke bawah ke Aktivitas Web & Aplikasi dan matikan Saya Menyertakan Aktivitas Suara dan Audio.

Jika Anda menonaktifkan setelan aktivitas suara dan audio ini, Google tidak akan lagi menyimpan rekaman audio di Akun Google Anda di server Google dengan Aktivitas Web & Aplikasi Anda saat Anda berinteraksi dengan layanan Google.

Google mengatakan akan terus memproses audio untuk merespons saat Anda berbicara dengan layanan Google.

Perlu diperhatikan juga bahwa jika setelan ini dinonaktifkan, Google tidak akan menggunakan audio yang disimpan sebelumnya saat setelan ini diaktifkan untuk meningkatkan teknologi suaranya seperti Voice Match.

Namun, audio yang disimpan sebelumnya dapat terus digunakan untuk menyempurnakan teknologi audio lainnya kecuali Anda menghapusnya.

Google juga mengatakan pengguna dapat menghapus audio yang disimpan sebelumnya dengan Aktivitas Web & Aplikasi Anda di Activity.google.com.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://www.cnbcindonesia.com/tech/20240530104900-37-542382/google-bisa-mendengarkan-obrolan-kita-ini-cara-hentikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer