BahanaInspirasi.com, MANADO – Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Bandara di Ibu Kota Nusantara atau IKN belum dapat beroperasi pada saat pelaksanaan peringatan HUT RI ke-79.

Lantaran infrastruktur dasar tersebut belum rampung menjelang Upacara 17 Agustus .

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya bapak, ibu, yang berminat ke IKN ini harus menahan diri tahun depan saja. Karena ini akan sangat-sangat terbatas,” kata Pratikno di Kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Kamis, 1 Agustus 2024.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Bandara Nusantara baru bisa menampung helikopter karena landasan pacu yang seharusnya 2.200 meter ternyata kurang 300 meter.

Dia pun mengungkapkan salah satu alasan pembangunan Bandara Nusantara molor karena hujan terus menerus di IKN.

“Target kami waktu itu 2.200 meter sampai dengan 17 Agustus, tapi karena kondisi hujan waktu yang lalu sekarang ini 24 jam kami kawal dengan TMC sehingga alhamdulillah kami 2 minggu di sana juga gak hujan,” kata Basuki.

Atas kondisi ini, Pemerintah menyiapkan dua alternatif jalan. Pertama, melalui Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) exit KM 11, dilanjutkan ke Jembatan Pulau Balang-Simpang Riko sepanjang 88 kilometer. Estimasi waktu tempuh 90 menit.

Alternatif kedua, lanjut Basuki, tamu undangan bisa melalui pintu keluar Tol Balsam KM 38, kemudian melalui Jalan Nasional Samboja. Waktu tempuh 150 menit atau hampir 2 jam

Pemerintahan Presiden Joko Widodo berencana mengadakan upacara 17 Agustus tahun ini di IKN. Pengibaran bendera di IKN akan dibarengi upacara secara hybrid di Istana Merdeka Jakarta. Perayaan tahun ini bertemakan ‘Nusantara Baru, Indonesia Maju’.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://nasional.tempo.co/read/1898827/pratikno-minta-maaf-bandara-ikn-belum-beroperasi-pada-upacara-17-agustus

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer