BahanaInspirasi.com, MANADO – Perusahaan produsen ponsel tangguh (rugged) asal China, Ulefone, meluncurkan tablet tangguh terbarunya, Ulefone Armor Pad 4 Ultra series, di pasar global, Selasa (1/10/2024).

Ada dua model yang dirilis, yaitu model dengan teknologi pencitraan termal (thermal imaging version), dan model tanpa teknologi tersebut (standard version).

Model itu diklaim sebagai tablet 5G tangguh pertama dengan kemampuan thermal imaging.

Ulefone Armor Pad 4 Ultra Thermal Imaging Version dilengkapi dengan teknologi sensor termal ThermoVue, yang dirancang untuk pengguna yang membutuhkan pembacaan suhu dan pencitraan termal yang tepat, saat sedang bekerja atau beraktivitas di luar ruangan (outdoor).

Sensor termal di tablet ini memiliki resolusi 160 x 120 piksel dan refresh rate 25 Hz, yang disebut memberikan pencitraan termal yang mulus dan akurat.

Sensor ini menemani kamera belakang, dalam modul persegi di punggung tablet. Baca juga: Amazfit T-Rex 3 Resmi, Smartwatch Tangguh untuk Penjelajah Pengguna pun bisa memanfaatkan aplikasi bawaan (built-in) ThermoVue untuk menangkap gambar termal, merekam video, serta membuat video time-lapse untuk memantau perubahan temperatur secara real-time.

Dengan begitu, Ulefone Armor Pad 4 Ultra yang dibekali teknologi thermal imaging ideal digunakan untuk inspeksi kelistrikan, operasi pencarian dan penyelamatan orang, serta pemadaman kebakaran.

Tablet penerus Ulefone Armor Pad 3 Pro keluaran April 2024 ini juga diklaim sebagai tablet tangguh pertama yang menawarkan konektivitas 5G.

Konektivitas ini disebut memungkinkan pengguna menikmati koneksi yang cepat dan reliabel, di area yang terpencil atau selama kerja lapangan.

Artinya, tablet ini cocok digunakan oleh tim tanggap darurat, jasa konstruksi profesional, dan penjelajah.

Spesifikasi Ulefone Armor Pad 4 Ultra

Di luar fitur pencitraan termal, spesifikasi Ulefone Armor Pad 4 Ultra Standard Version dan Thermal Imaging Version sama.

Tablet ini sama-sama sudah mengantongi sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP68/IP69K.

Perangkat ini juga memiliki sertifikasi MIL-STD-810H, sehingga sudah diuji dari berbagai standar, mulai dari tekanan rendah di ketinggian tertentu, suhu tinggi, getaran, uji korosi, hujan, hingga radiasi sinar matahari.

Oleh karena itu, tablet ini cocok digunakan di lokasi konstruksi, ekspedisi terpencil, dan lingkungan industri.

Ulefone Armor Pad 4 Ultra turut dibekali lampu LED berkemah terintegrasi yang diletakkan di punggung tablet.

Lampu berbentuk trapesium ini bisa digunakan sebagai senter, lampu yang dipasang di depan kendaraan (headlight), dan lampu berkemah.

Selain untuk aktivitas memancing, berkemah, dan mendaki gunung, lampu ini juga dapat digunakan untuk perawatan kendaraan (maintenance) di daerah yang jauh dari pusat perkotaan.

Ulefone Armor Pad 4 Ultra mengusung layar IPS LCD berbentang 10,36 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.000 x 1.200 piksel).

Layar ini sudah dilindungi kaca Corning Gorilla Glass agar tidak mudah tergores atau rusak.

Soal fotografi, tablet ini sudah dibekali kamera belakang 50 MP (f/1.95, sensor Samsung GN1), dan kamera depan 32 MP (f/2.45, sensor Samsung GD1).

Di sektor performa, Ulefone Armor Pad 4 Ultra diotaki oleh chipset MediaTek Dimensity 6300. System-on-Chip (SoC) delapan inti (octa-core) ini mencakup empat inti Cortex-A76 dengan clockspeed 2,4 GHz dan empat inti Cortex-A55 dengan clockspeed 2 GHz. Unit pengolah grafis (GPU) yang digunakan adalah Mali-G57 MC2.

Chipset ini ditemani oleh RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 256 GB. Pengguna bisa memperluas RAM hingga 8 GB dengan memanfaatkan virtual RAM, sedangkan kapasitas storage dapat ditambah hingga 2 TB dengan memanfaatkan kartu microSD.

Untuk baterai, tablet ini ditunjang oleh baterai jumbo berkapasitas 11.800 mAh.

Baterai ini diklaim bisa bertahan 642 jam dalam mode siaga (standby), 64 jam untuk panggilan telepon, 23 jam untuk pemutaran musik, dan 9 jam untuk pemutaran video.

Tablet juga sudah didukung oleh pengisian daya cepat (fast charging) via kabel (wired) berdaya 33 Watt, dan fast charging nirkabel (wireless).

Tidak dijelaskan berapa output fast charging secara nirkabel. Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 14. Fitur lainnya meliputi jack audio 3,5 mm, dual stereo speaker, port HDMI, dual nano-SIM, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, GPS, NFC, pemindai sidik jari (fingerprint), USB Type-C, dan lain seterusnya.

Mulai Rp 1 Jutaan Harga Ulefone Armor Pad 4 Ultra Ulefone Armor Pad 4 Ultra memiliki dimensi 166,8 x 261,7 x 14,3 mm dengan bobot 834,5 gram.

Tablet ini dijual dalam satu pilihan warna, yaitu hitam (Black).

Duo tablet ini sudah bisa dibeli di marketplace rekanan Ulefone, dan bisa dikirimkan secara global. Berikut ini harga Ulefone Armor Pad 4 Ultra, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (1/10/2024): Ulefone Armor Pad 4 Ultra Standard Version (8 GB/256 GB) – 279,99 dollar AS (sekitar Rp 4,2 juta) Ulefone Armor Pad 4 Ultra Thermal Imaging Version (8 GB/256 GB) – 329,99 dollar AS (sekitar Rp 5 juta) Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://tekno.kompas.com/read/2024/10/01/17090087/ulefone-armor-pad-4-ultra-meluncur-tablet-5g-tangguh-dengan-pemindai-suhu?page=all#page2

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer