MANADO, BahanaInspirasi.com – Berbagai manfaat sholat dhuha akan didapatkan bagi setiap Muslim yang rutin untuk melaksanakannya.

Tak hanya bermanfaat di dunia, sholat sunnah seperti dilansir dari inews.id, ini dapat bernilai pahala dan jadi bekal di akhirat.

Pelaksanaan sholat dhuha mulai dari matahari sedang naik. Di mana saat jam menunjukkan sekitar pukul tujuh hingga 10 menit sebelum masuk waktu dzuhur.

Sholat ini dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat.

Sholat dhuha juga disebut sebagai sholat yang dapat melancarkan rezeki.

Hal itu sebagaimana disebutkan dalam hadits riwayat Hakim dan Thabrani, seperti dikutip dari buku Keberkahan Sholat Dhuha, Raih Rezeki Sepanjang Hari: Plus Ayat & Doa-doa, karya Rahman.

“Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya,” (HR.Hakim dan Thabrani).

Namun, manfaat yang dapat diperoleh dari sholat dhuha tak hanya sebatas tentang rezeki, melainkan kebaikan-kebaikan di dunia hingga akhirat.

Berikut ulasan manfaat sholat dhuha dirangkum dari buku Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunnah Setahun Penuh, karya Kamaluddin (2016), Sabtu (16/12/2023).

Manfaat Sholat Dhuha

1.Mendapat Ganjaran di Sore Hari
Salah satu manfaat sholat dhuha adalah mendapatkan ganjaran di sore hari.

Diriwayatkan Abu Darda Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam, berkata, “Wahai anak Adam, sholatlah untuk-Ku empat rakaat dari awal hari, maka akan mencukupi kebutuhanmu (ganjaran) pada sore harinya.” (Shahih al-Jami: 4339)’

2.Sholat Dhuha Menggantikan Sedekah 360 Persendian
Setiap Muslim wajib bersedekah dengan 360 persendian lainnya, Adapun, setiap persendian manusia diwajibkan untuk menunaikan sholat dan sedekah.

Tentu, bagi orang yang mengerjakan sholat dhuha akan menjadi ladang pahala.

Dari Abu Dzar Al-Ghifari Radhiyallahu Anhu, Rasulullah bersabda: “Di setiap sendiri seorang dari kamu terdapat sedekah, setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan lailahaillallah) adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, mencegah dari kemungkaran adalah sedekah, dan dua rakaat Dhuha diberi pahala.” (HR Muslim).

3.Dibangunkan Rumah di Surga
Salah satu manfaat mengerjakan sholat dhuha, yaitu dibangunkan rumah di surga. Hal itu sebagaimana hadits, “Barangsiapa yang sholat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami: 634)

4.Membuka Pintu Rezeki
Seperti disebutkan di awal, seorang Muslim yang rutin melaksanakan sholat dhuha akan mendapatkan limpahan rezeki dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Rasulullah pun menganjurkan umatnya untuk melaksanakan sholat dhuha sebelum memulai rutinitas.

5.Mendapatkan Ampunan Dosa
Sholat dhuha dapat jadi salah satu bentuk ibadah bagi orang-orang yang ingin bertaubat.

“Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.” (Shahih al-Jami: 6346).

(redaksi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer