BITUNG, BahanaInspirasi.com – Bawaslu dan KPU Kota Bitung sepakat untuk mewujudkan logistik Pemilu berintegritas. Kedua lembaga Pemilu ini menyatakan, mewujudkan logistik berintegritas adalah salah satu wujud menciptakan Pemilu berintegitas yang selama ini digaungkan.

Hal itu disampaikan salah satu Komisioner Bawaslu Kota Bitung, Iten Kojongian saat membuka Rapat Penyelenggaraan Penanganan Pelanggaran Logistik Pemilu 2024, Jumat (9/2/2024).

Rapat itu digelar di salah satu hotel di Kecamatan Maesa dan hadir sebagai pemateri Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw serta mantan Komisioner KPU Kota Bitung, Victory Rotty.

“Logistik adalah bagian dari Pemilu, sehingga kita juga perlu mewujudkan logistik berintegritas,” kata Iten.

Yang dimaksud logistrik berintegritas kata Iten, adalah memastikan logistik sampai ke tiap TPS dalam keadaan baik tanpa ada yang kurang. Mulai dari bilik suara, kota suara, surat suara serta logitik lainnya harus dipastikan baik tanpa cacat saat sampai ke TPS.

“Upaya mewujudkan logistik berintegritas ini telah kami lakukan semenjak logistik Pemilu tiba di Gudang KPU kemudian dilakukan proses pelipatan dan sebagainya. Yang luput dari pengawasan kami hanya proses percetakan logistik karena dilakukan di Pulau Jawa,” katanya.

Mendukung pernyataan Iten, Deslie menyatakan pihaknya sudah mulai proses pendistribusian logistik Pemilu pada 12 Februari 2024 ke Pulau Lembeh untuk ditampung di gudang sementara yang disiapkan PPK.

“Peran Pengawas TPS dibutuhkan di tahap ini, mastikan semua logitik yang dikirim dalam keadaan baik dan cukup demi mewujudkan logistik berintegritas,” kata Deslie.

Di tahapan ini, Iten dan Deslie mengajak peran serta masyarakat untuk ikut lakukan pengawasan dengan memperhatikan seksama setiap logistik yang diterima saat berada di TPS.

“Terutama surat suara, masyarakat harus pastikan dalam keadaan baik tanpa ada kerusakan sebelum mencoblos,” katanya.

(redaksi)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer