BahanaInspirasi.com, BITUNG – Suasana haru mewarnai penyerahan bantuan ke warga terdampak erupsi Gunung Raung Tagulandang Sitaro, Kamis (25/4/2024).

Penyerahan bantuan dilakukan Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara, Ny Rita Dondokambey Tumuntuan, Sekretaris I TP PKK Provinsi Sulawesi Utara, Ny Kartika Devi Kandouw Tanos, Ketua TP PKK Kota Bitung, Ny Rita Mantiri Tangkudung dan Ketua DWP Kota Bitung, Ny Nurjaya Theno Moenarwin di Tribun Lapangan Kantor Wali Kota Bitung.

Bantuan itu diserahkan ke warga terdampak erupsi yang mengungsi sementara di Kota Bitung. Sekaligus memberikan pendampingan psikolog untuk memberikan trauma healing kepada ratusan warga penyitas yang ada di Kota Bitung.

Suasana haru terlihat disaat trauma healing dilakukan dengan mambagi tiga kelompok, yakni anak-anak, remaja dan orang dewasa. Sejumlah peserta diberikan kesempatakan untuk berbagi cerita musibah yang mereka alami, hingga menitikkan air mata.

Dengan suara bergetar, Kartika coba memberikan penguatan dengan menyampaikan memang sulit untuk menerima dengan hati yang lapang atas musibah yang dialami warga Tagulandang.

“Atas nama Ketua Tim Pengerak PKK, turut sepenanggungan apa yang dirasakan warga Tagulandang saat ini,” Kartika.

Kehadiran TP PKK Sulawesi Utara, kata Kartika, untuk memberikan sedikit bantuan kepada warga Tagulandang yang sudah hampir satu pekan berada di Kota Bitung dengan harapan bisa meringankan beban.

Sementara itu, Ketua Tim Pengerak PKK Kota Bitung menyampaikan, program trauma healing yang diberika guna memilihkan rasa trauma kepada masyarakat pasca bencana Erupsi Gunung Ruang.

“Gangguan stres pasca bencana sangat rentan terjadi. Terutama kepada anak-anak. Sehingga program trauma healing ini dilakukan,” kata Rita.

Bantuan dan trauma healing kepada warga penyitas, kata Rita, adalah kolaborasi TP PKK Provinsi Sulawesi Utara dengan TP PKK Kota Bitung sebagai bentuk kepedulian terhadap warga terdapak erupsi Gunung Ruang.

“Harapannya warga terdampak cepat pulih agar bisa kembali beraktivitas,” katanya.

(redaksi)

Artikel ini telah terbit di https://vivasulut.com/2024/04/25/suasana-haru-warnai-penyerahan-bantuan-warga-terdampak-erupsi-gunung-ruang-di-bitung/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Developer